Jumat, 29 Oktober 2010

Yaitu memberikan jaminan untuk tiap bagian bahwa esan tidak akan mengalami perubahan dari saat data dibuat/dikirim sampai dengan saat data tersebut dibuka.
4) Nonrepudiation
Yaitu memberikan cara untuk membuktikan bahwa suatu dokumen datang dari seseorang apbila ia mencoba menyangkal memiliki dokumen tersebut.

1.1 Sejarah Singkat Kriptografi

Bentuk paling awal kriptografi ada 2 jenis,yakni transposition ciphers dan substitution ciphers . Bentuk
transposition ciphers digunakan oleh tentara Sparta pada Zaman Yunani Kuno pada 400 SM. Mereka
menggunakan alat yang disebut Scytale. Alat ini terdiri dari sebuah pita panjang yang dililitkan pada
sebatang slinder. Pesan yang akan dikirimkan ditulis horizontal . Bila pita dilepaskan, maka hurufhuruf
di dalamnya telah tersusun membentuk pesan rahasia. 
 Bentuk substitution ciphers (yang mengganti grup huruf dengan grup huruf lain) digunakan oleh Julius Caesar, dikenal dengan nama Caesar cipher dimana tiap huruf didistribusikan dengan huruf ketiga berikutnya. Contoh : ‘Fly at once’ menjadi ‘Gmz bupodf’ Seiring berjalannya waktu, kriptografi telah banyak digunakan dalam berbagai bidang, misalnya di bidang religious, digunakan dalam “The Number of The Beast”, dalam bidang matamata,kerahasiaan komunikasi, bahkan kriptografi juga dianjurkan dalam buku “Kama Sutra” . Kriptografi juga berperan besar ketika Sekutu memenangkan Perang Dunia II. Ketika itu, Enigma Machine, sebuah mesin enkripsi/dekripsi,digunakan oleh Jerman dalam PD II pada tahun 1920an sampai akhir perang. Alat itu digunakan untuk menjaga komunikasi sensitif. Memecahkan cipher Enigma ketika itu adalah sebuah faktor yang sangat penting yang berkontribusi dalam kemenangan Sekutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar